Berusaha memberikan kepuasan kepada para konsumennya menjadi salah
satu tugas utama bagi seorang pelaku usaha. Berhasil tidaknya bisnis
yang mereka jalankan bahkan ditentukan langsung oleh respon dari para
pelanggan. Bila pelanggan merasa senang dengan pelayanan yang diberikan
pelaku usaha, maka tidak mustahil mereka akan semakin loyal dengan
bisnis tersebut. Dan begitu juga sebaliknya, bila mereka tidak puas
dengan pelayanan yang Anda berikan, maka jangan heran bila mereka akan
berbalik memberikan penilaian buruk terhadap bisnis Anda dan tidak akan kembali menggunakan produk atau jasa Anda.
Karena itulah, mengetahui kebutuhan konsumen dan menciptakan kepuasan
pelanggan bisa dibilang cukup penting untuk menjaga kelangsungan hidup peluang usaha yang Anda jalankan.
Cara menciptakan kepuasan pelanggan yaitu :
1. Produk (barang atau jasa)
Poin pertama yang mempengaruhi kepuasan pelanggan yaitu kualitas
produk yang Anda tawarkan. Baik produk berupa barang maupun jasa, sebisa
mungkin berikan nilai tambah pada produk Anda sehingga memiliki daya
saing yang cukup kuat dan tidak kalah bagus dengan produk lainnya yang
ada di pasaran. Hal ini penting karena semakin berkualitas produk yang
Anda tawarkan, maka semakin kecil pula peluang konsumen untuk berpaling
ke produk lain.
2. Harga produk
Tak bisa dipungkiri lagi bila faktor harga selalu memegang peranan
penting untuk menarik perhatian konsumen. Selain kualitas produk yang
terjaga, konsumen selalu mempertimbangkan faktor harga sebelum akhirnya
mereka memutuskan untuk membeli produk atau jasa. Karena itulah, penting
bagi Anda untuk menyesuaikan harga produk yang ditawarkan dengan target
pasar yang telah Anda tentukan. Bila target pasar Anda kalangan
masyarakat menengah ke bawah, maka tawarkan harga yang cukup terjangkau.
Namun bila target Anda adalah kaum menengah ke atas, maka berikan
produk yang paling berkualitas sesuai dengan mahalnya harga yang telah
Anda tawarkan.
3. Lokasi Usaha
Selain kualitas produk dan harga, lokasi usaha yang strategis dan
mudahnya akses kendaraan menuju lokasi usaha tersebut, memberikan
kepuasan tersendiri bagi para konsumen. Semakin strategis lokasi yang
Anda miliki, maka akan semakin mempermudah para pelanggan untuk
mengunjungi bisnis yang Anda jalankan. Sehingga tidak menutup
kemungkinan bila para pelanggan akan sering mampir membelanjakan uangnya
ke tempat usaha Anda.
4. Strategi promosi
Kegiatan promosi yang Anda jalankan menjadi salah satu daya tarik
bagi para konsumen untuk mengunjungi bisnis Anda sesering mungkin.
Konsumen sangat senang dengan penawaran khusus yang memberikan
keuntungan besar bagi mereka, misalnya saja seperti event
potongan harga (diskon) pada hari-hari libur, atau memberikan bonus
khusus bagi para pelanggan yang melakukan transaksi pembelian diatas
nominal tertentu.
5. Kualitas pelayanan yang diberikan
Mendapatkan pelayanan prima tentunya menjadi dambaan setiap calon
konsumen. Ibarat kata “Pembeli adalah raja” mereka menginginkan
pelayanan optimal atas harga yang telah mereka bayarkan. Karenanya,
penuhi kebutuhan konsumen Anda dan biarkan loyalitas mereka mulai
terbangun secara bertahap.
6. SDM handal, ramah dan sopan
Setiap pelanggan pastinya ingin dilayani oleh pegawai atau tenaga
kerja yang benar-benar handal, sopan dan juga ramah terhadap
pelanggannya. Tak jarang terjadi komplain dari para pelanggan apabila
pelayanan yang diberikan pedagang maupun tenaga kerjanya kurang
memuaskan hati konsumen, karena itu biasakan budaya 3S+1A (Senyum,
Salam, Sapa dan Antusias) terhadap semua pelanggan yang Anda hadapi.
7. Pelayanan cepat dan Tepat
Nah, disamping ingin dilayani oleh SDM yang berkualitas. Para
pelanggan juga menginginkan pelayanan yang cepat dan tepat. Mereka tidak
suka menunggu terlalu lama untuk produk atau jasa yang mereka butuhkan.
Jadi, sebisa mungkin perhatikan manajemen waktu yang paling tepat, agar
tidak ada pelanggan yang merasa terabaikan karena harus menunggu produk
atau jasa dalam kurun waktu yang cukup lama.
8. Bangun kepercayaan pelanggan dengan bukti nyata
Ketika Anda mempromosikan sebuah produk atau jasa kepada calon
konsumen baru, bisa dipastikan mereka tidak akan langsung percaya
sebelum melihat atau merasakan sendiri bukti nyata dari omongan Anda.
Oleh sebab itu, berikan bukti kepada para konsumen sebelum akhirnya
mereka memberikan imbal balik bagi perusahaan Anda. Bila produk atau
jasa Anda berhasil memuaskan konsumen, maka konsumen pun akan loyal dan
tidak ragu untuk mempromosikannya kepada konsumen lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar