Kelompok : 7
Ketua :
Tweny Chung
Sekretaris : Novia
Paula Rolanda
Anggota :
Deviyanti
Natasya Kartini
Novianti
Materi salesmanship : Barang-barang elektronik
1.)
Latar Belakang:sebagian besar masyarakat banyak menggunakan barang-barang elektronik. Maka
dari itu, peluang usaha yang didapatkan pun lebih besar, sehingga laba yang
diperoleh juga lebih besar.
2.)
Topik yang dibahas:
Sifat - sifat kepribadian
penjual
a)
Penuh inisiatif
b)
Tidak putus asa
c)
Mudah bergaul
d)
Periang
e)
Sopan santun
f)
Penuh perhatian
g)
Ketajaman daya ingatan
h)
Selalu gembira
i)
Lurus hati
j)
Disiplin
k)
Bijaksana
Penjelasan :
a) Penuh inisiatif
Dengan usaha yang baru dibuka kita dapat berinisiatif memperkenalkan kepada masyarakat dengan cara mempromosikan barang-barang yang kita jual agar dapat menarik minat pelanggan.
a) Penuh inisiatif
Dengan usaha yang baru dibuka kita dapat berinisiatif memperkenalkan kepada masyarakat dengan cara mempromosikan barang-barang yang kita jual agar dapat menarik minat pelanggan.
b) Tidak putus asa
Jika toko sedang sepi,carilah cara lain untuk dapat menarik pelanggan. Dengan cara membagikan brosur,memperkenalkan produk lewat jejaring sosial.
Jika toko sedang sepi,carilah cara lain untuk dapat menarik pelanggan. Dengan cara membagikan brosur,memperkenalkan produk lewat jejaring sosial.
c) Mudah bergaul
Melayani pelanggan dengan baik dan ramah, agar bisa mendapatkan langganan untuk tokonya.
Melayani pelanggan dengan baik dan ramah, agar bisa mendapatkan langganan untuk tokonya.
d) Periang
Dalam melayani pelanggan harus terlihat ceria walaupun sedang mengalami masalah (masalah pribadi / keluarga jangan dibawa ke lingkungan kerja)
Dalam melayani pelanggan harus terlihat ceria walaupun sedang mengalami masalah (masalah pribadi / keluarga jangan dibawa ke lingkungan kerja)
e) Sopan santun
Pemilik toko harus sopan terhadap pelanggan agar pelanggan dapat merasa nyaman dengan pelayanan yang kita berikan.
Pemilik toko harus sopan terhadap pelanggan agar pelanggan dapat merasa nyaman dengan pelayanan yang kita berikan.
f) Penuh perhatian
Jika ada seorang pelanggan yang bingung ,kita harus menghampiri pelanggan dan bertanya apa yang dibutuhkannya. Tidak boleh membiarkan pelanggan begitu saja.
Jika ada seorang pelanggan yang bingung ,kita harus menghampiri pelanggan dan bertanya apa yang dibutuhkannya. Tidak boleh membiarkan pelanggan begitu saja.
g) Ketajaman daya ingatan
Kita harus dapat mengingat harga, kualitas dan bibit bebet bobot barang-barang yang kita jual. Agar jika pelanggan bertanya, kita dapat memberitahu secara langsung tanpa harus melihat daftar harga dan kualitas terlebih dahulu.
Kita harus dapat mengingat harga, kualitas dan bibit bebet bobot barang-barang yang kita jual. Agar jika pelanggan bertanya, kita dapat memberitahu secara langsung tanpa harus melihat daftar harga dan kualitas terlebih dahulu.
h) Selalu gembira
Seorang penjual harus selalu terlihat gembira agar pelanggan yang datang dapat merasa senang berbelanja di toko kita. Jika kita menonjolkan “muka cemberut”, pelanggan malah akan merasa tidak nyaman, curiga, dan merasa tidak suka terhadap kita.
Seorang penjual harus selalu terlihat gembira agar pelanggan yang datang dapat merasa senang berbelanja di toko kita. Jika kita menonjolkan “muka cemberut”, pelanggan malah akan merasa tidak nyaman, curiga, dan merasa tidak suka terhadap kita.
i) Lurus hati
Seorang penjual harus berbicara apa adanya tentang kualitas barang yang dijual tanpa harus melebih-lebihkan kualitas barang tersebut.
Seorang penjual harus berbicara apa adanya tentang kualitas barang yang dijual tanpa harus melebih-lebihkan kualitas barang tersebut.
j) Disiplin
Dalam menjalankan usaha harus disiplin. Saat membuka toko harus tepat waktu,datang ke toko pun harus tepat waktu.
Dalam menjalankan usaha harus disiplin. Saat membuka toko harus tepat waktu,datang ke toko pun harus tepat waktu.
k) Bijaksana
Ketika menghadapi masalah, seorang penjual harus bijaksana dalam memutuskan keputusan.
Ketika menghadapi masalah, seorang penjual harus bijaksana dalam memutuskan keputusan.
3.)
Soal essay dan jawaban sesuai
indikator :
a) Apakah yang harus kita lakukan jika barang yang kita jual tidak menarik perhatian pelanggan ?
a) Apakah yang harus kita lakukan jika barang yang kita jual tidak menarik perhatian pelanggan ?
Jawab :
Penuh inisiatif
b) Bila
usaha berjualan elektronik kita pada suatu hari mengalami kerugian sehingga
hampir bangkrut . sifat apakah yang harus kita terapkan pada waktu itu?
Jawab : Tidak putus asa
Jawab : Tidak putus asa
c) Bila
ada pelanggan yang pendiam , sifat apakah yang harus kita tampilkan ?
Jawab
: Mudah bergaul
d) Kita
wajib menunjukkan karakter apa ,meskipun kita sedang menhadapi masalah ?
Jawab :
Periang
e) Saat
ada pembeli yang datang maka penjual harus segera menyambut atau menyapa
pembeli ,setelah itu pembeli harus mengutamakan kepentingan pembeli agar
pembeli merasa nyaman dengan pelayanan kita. Sifat apakah yang kita tunjukkan
pada saat tersebut?
Jawab :
Sopan santun
f) Jika pelanggan sedang bingung mencari barang yang dia inginkan, sifat apakah yang harus kita tunjukkan ?
f) Jika pelanggan sedang bingung mencari barang yang dia inginkan, sifat apakah yang harus kita tunjukkan ?
Jawab :
Penuh perhatian
g) Agar
kita dapat mengingat harga serta kualitas masing-masing barang elektronik yang
kita jual, maka sikap apakah yang harus dimiliki oleh seorang penjual ?
Jawab :
Ketajaman daya ingatan
h) Walaupun
seorang penjual merasa sedih, sifat apa yang harus ditunjukkan dalam melayani
pelanggan ?
Jawab :
Selalu gembira
i) Ketika pelanggan menanyakan kualitas produk yang kita jual, maka untuk menjawab pertanyaan tersebut sifat apakah yang harus kita tunjukkan ?
i) Ketika pelanggan menanyakan kualitas produk yang kita jual, maka untuk menjawab pertanyaan tersebut sifat apakah yang harus kita tunjukkan ?
Jawab :
Lurus hati
j) Untuk
menjadi seorang penjual yang baik, sifat apa yang harus kita miliki ?
Jawab :
Disiplin
k) Ketika seorang penjual sedang menghadapi masalah dan ia harus mengambil keputusan yang adil. Sifat apakah yang harus ditunjukkan ?
k) Ketika seorang penjual sedang menghadapi masalah dan ia harus mengambil keputusan yang adil. Sifat apakah yang harus ditunjukkan ?
Jawab :
Bijaksana
4.)Kesimpulan :
Jadi,
sebagai seorang penjual / wirausaha yang baik maka harus memiliki sifat-sifat
penuh inisiatif, tidak putus asa, mudah bergaul, periang, sopan santun, penuh
perhatian, ketajaman daya ingatan, selalu gembira, lurus hati, disiplin, dan
bijaksana agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan dan
usaha yang kita jalankan dapat berjalan dengan lancar, sukses, dan berkembang.
|
|

Tim penyusun:
1. Deviyanti
2. Natasya Kartini
3. Novia Paula Rolanda
4. Novianti
5. Tweny Chung
1. Deviyanti
2. Natasya Kartini
3. Novia Paula Rolanda
4. Novianti
5. Tweny Chung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar